Kamis, 26 Mei 2011

Laporan Kunjungan Industri


DAFTAR ISI
BAB I
A.     PENDAHULUAN
a)      Keberangkatan rombongan peserta kunjungan Industri                       1
b)      Rombongan peserta kunjungan Industri  tiba ditempat acara   3
c)      Sambutan-sambutan Acara                                                      4

BAB II
B.     Profile PT.INDOCEMEN TARJUN
a)      Awal mula berdirinya  PT.INDOCEMENT                              8
b)      Proses produksi semen PT.INDOCEMENT TARJUN              10
c)      SISTEM KOMPUTERISASI PT. INDOCEMENT TARJUN     12

BAB III
C.     PENUTUP
a)      Kesimpulan                                                                             13
b)      Kesan dan Pengalaman                                                                        14
c)      Saran                                                                                       15






BAB I
A.   PENDAHULUAN
a)     Keberangkatan Rombongan Peserta kunjungan Industri
Persiapan sebelum keberangkatan adalah pukul 06.00 wita pagi pada hari Senin, tanggal 07 Februari 2011. Sekolah menyediakan Bis untuk transportasinya sebanyak dua buah bis, dengan jumlah 70 orang yang terdiri dari 65 siswa dan 5 orang guru. Bis pertama dimuati oleh kelas Multimedia 1.1 dengan peserta 13 orang dan RPL 1.1 dengan peserta 17 orang serta Multimedia 2.1 dengan peserta 16 orang , sedangkan Bis kedua dimuati oleh kelas Multimedia 1.2 dengan peserta 10 orang dan RPL 1.2 dengan peserta 11 orang. Kami berangkat pada pukul 07.30 wita, karna sebagian siswa ada yang terlambat datang, adapun biaya untuk ikut kegiatan ini adalah sebesar Rp. 75.000,00- / orang.
Masing-masing bis terdiri dari kurang lebih 32 orang, itu pun tidak semuanya mendapat tempat duduk,oleh sebab itu salah seorang siswa ada yang mengambil kursi di kelas, dan membawanya kedalam bis agar mendapatkan tempat duduk semua.

                                                                                    1
                                                                                   
Diperjalanan teman-teman sangat menikmati jauhnya perjalanan menuju Tarjun, sambil melihat-lihat pemandangan yang asri dan alami di sepanjang perjalanan. Indahnya pegunungan disepanjang jalan membuat kami enggan untuk mengedipkan mata, serta membuat teman-teman melepas kepenatan selama duduk berjam-jam didalam bis. Selain itu, jalan yang berbelok-belok dan naik turun membuat teman-teman melayang hingga berteriak ,dan sangat menekan nyali.












                                                                                                            2
b)    Rombongan Peserta Kunjungan Industri Tiba Ditempat Acara
Setelah kami tiba sekitar pukul 11.00 wita di PT. Indocement Tarjun yang terletak di Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan ,lega rasanya akhirnya sampai juga di PT. Indocement Tarjun. Untuk melepaskan lelah teman-teman beristirahat sambil makan nasi kotak yang dibagi oleh ibu Anti, setelah kenyang ,peserta di beri waktu untuk beristirahat untuk melepas kelelahan selama diperjalanan.
Di sekitar gedung serbaguna terdapat halaman yang sangat luas ,selain itu PT. Indocement juga menyediakan fasilitas olah raga seperti  tempat tenis lapangan, bulu tangkis, serta kolam renang.
Kemudian setelah puas berkeliling disekitar gedung ,peserta dipersilahkan masuk ruangan dimana tempat tersebut adalah tempat untuk acara kujungan Industri, kami beserta rombongan di sambut hangat ketika hendak memasuki ruangan tersebut. Kami dan rombongan dipersilakan untuk duduk dan menunggu manajemen PT. Indocement untuk mengisi acara kunjungan Industri.



                                                                                    3
c)     Sambutan-sambutan Acara
1.     Bapak Restu Suwono
Beliau adalah salah seorang manajemen PT. Indocement di Tarjun yang akan menyampaikan sambutan-sambutan atas kedatangan kami siswa-siswi dari SMK Al-Hidayah di PT. Indocement. Beliau mengaku sangat senang atas kedatangan kami yng ingin mengetahui bagaimana sistem kinerja di perusahaan tersebut.
Menurut beliau kegiatan kunjungan Industri tersebut akan berdampak positif bagi siswa-siswi yang ingin langsung mengetahui tentang lapangan pekerjaan khususnya dibidang Industri. Jadi, persaingan sangat diperlukan dalam hal mencari kesuksesan dimasa yang akan datang. Agar dapat menjadi orang yang sukses dalam pekerjaan, maka dari itu siswa-siswi di tuntut untuk mempunyai kompetensi yang dapat mengantarkan siswa-siswi menuju apa yang dicita-citakan. Dan beliau juga mengatakan bahwa, tidak mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, selain itu juga harus mempunyai keterampilan , kedisiplinan, kreatif ,inovatif, serta mempunyai keahlian (skill) serta berkualitas.


                                                                              4
Maka dari itulah beliau sangat berharap kegiatan ini tidak menjadi sia-sia dan juga agar SMK Al-Hidayah dapat meluluskan generasi penerus yang berkualitas dan siap untuk kerja. Kata beliau, jika ingin diterima maggang di PT. Indocement minimal nilai rapot adalah 7,5. Sehingga beliau memberikan semangat untuk rajin dan tekun dalam belajar.













                                                                              5
2.      Bapak Syamsul Qomar, S.Kom
Bapak Syamsul Qomar, S.Kom adalah salah satu perwakilan serta ketua peserta rombongan kunjungan Industri dari SMK Al-Hidayah. Pertama Beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada  seluruh pihak PT. Indocement karena sudah menerima kedatangan rombongan peserta serta sambutan hangat oleh pihak perusahaan PT. Indocement.
Sementara itu pula Beliau juga meminta kepada pihak perusahaan PT. Indocemment untuk menjalin suatu ikatan emosional dan kerjasama antara SMK Al-Hidayah dengan PT. Indocement Tarjun sehingga kedepannya agar lrbih memudahkan masing-masing pihak supaya saling menguntungkan dari pihak sekolah maupun pihak perusahaan sendiri. Seperti halnya , bagi siswa-siswi yang ingin memilih perusahaan PT. Indocement sebagai tempat maggang serta melamar pekerjaan.
Dan sebaliknya kepada pihak perusahaan PT. Indocement untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan membanggakan bagi perusahaan untuk memajukan dan memberikan keuntungan bagi perusahaan PT. Indocement sendiri yang mampu bersaing dalam dunia kerja.

                                                                              6
Kemudian Beliau juga berharap kepada pihak PT. Indocement Tarjun agar bisa memberikan ilmu serta bagaimana sistematis yang ada didalamnya misalnya, dengan mengadakan kegiatan stadium general / pelatihan-pelatihan kerja. Akhir kata, beliau mengucapkan permintaan maaf apabila dalam kegiatan kunjungan ini terdapat perilaku atau tindakan-tindakan peserta yang kurang berkenan dalam acara ini dan sekali lagi Beliau mengucapkan Terima Kasih kepada manajemen PT. Indocement Tarjun.












                                                                                                                        7
BAB II

B.   PROFIL PT. INDOCEMENT
a)      Awal Mula Berdirinya PT. INDOCEMENT
PT. Indocement merupakan salah satu perusahaan atau pabrik yang menggeluti bidang Industri pertambangan yang khusus untuk membuat semen denan merek tiga roda. Pada awalnya PT. Indocement dibangun di daerah citerup Bogor pada tahun 1975, dengan kapasitas produksi semen 640 ton linker. Kemudian PT. Indocement tersebut membangun beberapa cabang diantaranya terletak di daerah Cirebon Jawa Barat, kemudian ada juga yang terletak di Tarjun ,Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan, seperti yang kami kunjungi kemarin.
Salah satu cabang PT. Indocement yaitu yang didirikan di Tarjun tepatnya di Kabupaten Kota Baru Kalimantan Selatan. Perusahaan tersebut dibangun pada awal tahun1998 dengan kapasitas 2,4 Juta ton linker. Adapun pemegang saham  perusahaan PT. Indocement Tarjun tersebut diantaranya adalah Heidelberg 61 %, Pemerintah 29 % ,Mekar Jaya Semen 34 %, kemudian sisanya Koperasi dan Perusahaan swasta.


                                                                                          8
PT. Indocement dibangun dengan sistem terpadu seperti membangun jaringan pembangkit listrik, khusus untuk pabrik itu sendiri dan sisanya untuk dijual ke masyarakat untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri ,adapun bahan untuk pembuatan tenaga listrik tersebut ,PT. Indocement membeli beberapa ton batu bara sebagai bahan baku untuk pembangkit listrik. Di samping itu juga menyediakan Instalasi penampungan air, air tersebut diambil dari air laut yang disuling menjadi air tawar , air tersebut digunakan untuk membantu proses pengolahan semen. Selain itu Perusahaan juga membangun alat atau mesin yang berperan sebagai penyedot debu dan mesin untuk penanggulangan sisa-sisa limbah pabrik tersebut. Agar lingkungan yang berada disekitarnya dapat terdeteksi dan terhidar dari pencemaran lingkungan.






                                                                                                9

                                     
b)    Proses Produksi Semen PT.INDOCEMENT TARJUN
Dalam proses pembuatan semen bahan baku yang digunakan ada 4 macam yaitu,
ü  Batu Kapur     80 %
ü  Tanah Liat,      50 %
ü  Pasir Silica       25 %
ü  Dan Pasir Besi 20 %
Bahan-bahan baku diatas diperoleh dari daerah sekitar Tarjun seperti di serongga yang kaya akan dengan tambang batu kapurnya, tambang pasir besi, tambang pasir silica dan tanah liat . Salah satu bahan pokok dalam pembuatan semen atau bahan primernya yaitu adalah Batu Kapur, kanra batu kapur mempunyai salah satu peran penting dalam proses penelolaan semen tersebut yaitu sebagai bahan pokok yang mempunyai fungsi yaitu agar bangunan yang dihasilkan akan bertahan lama dan kuat.
 Kemudian bahan-bahan tersebut diangkut menuju pabrik untuk dihancurkan dan dihaluskan dengan mesin penghalus material tambang tersebut kemudian dimasukkan kedalam mesin penggilingan sampai berubah bentuk menjadi seperti serbuk atau tepung, selanjutnya ditampung di tempat penyimpanan kemudian di alirkan ketempat pembakaran dengan suhu mencapai 1500 derajat celcius.

                                                                                          10
Hasil dari pembakaran bahan baku tersebut disebut kliker (bahan semen yang masih belum halus) ,kemudian kembali lagi dibawa ke mesin penggilingan untuk dihaluskan kembali kemudian dicampurkan dengan materal aktif yang memperlambat serbuk semen menjadi dingin dan akhirnya membeku. Tahap berikutnya pengepakan atau pengemasan semen yang sudah jadi kemudian dimasukkan kedalam kantong-kantog semen dengan merek TIGA RODA yang sudah disiapkan serta disesuaikan dengan tipe semen yang dibuat dan semen produksi PT. Indocement siap untuk diekspor dan dijual kebeberapa wilayah hingga negara seperti ,Thailand, Singapura,dan lain-lain.









                                                                                                11
c)     Sistem Informasi dan Teknologi PT. INDOCEMENT
Teknologi yang digunakan  yaitu sistem komputerisasi yang telah diatur dan di setting secara otomatis didalam sebuah ruangan yang di khususkan untuk mengawasi bagaimana sistematis cara kerja yang digunakan didalam sebuah perusahaan tersebut. Artinya, dalam sebuah perusahaan itu menggunakan sistem teknologi canggih yang dapat dijalankan secara otomatis, jadi semua alat atau mesin-mesin yang bekerja dapat diawasi secara teratur.
Selain itu juga PT. Indocement juga menyediakan sistem komunikasi yang menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) yaitu salah satu jaringan yang digunakan dalam sebuah perusahaan atau antar kantor dan antar perusahaan agar dapat secara mudah saling bertukar data atau informasi tentang bagaimana sistem kinerja perusahaan tersebut. Hanya dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) yang berskala kecil agar dapat terkoneksi dengan jaringan dan mempermudah pekerjaan.
Teknologi mesin-mesin yang digunakan PT. Indocement sudah termasuk kedalam Standar Internasional ,artinya mesin-mesin yang digunakan untuk pengolahan semen sudah menggunakan mesin yang canggih dan diakui oleh Negara ,meskipun sebagian mesinnya imporb dari luar Negeri. Dan cara pengoprasian serta pengolahan semen juga bersifat ramah lingkungan (sesuai dengan AMDAL).

                                                                                          12
C.     PENUTUP
a)     Kesimpulan
Dari semua yang dilaporkan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa, PT. Indocement adalah salah satu contoh perusahaan yang sukses dalam usaha pembuatan semen yang berani bersaing di dunia Internasional agar dapat menunjukan suatu keberhasilan Perusahaan PT. Indocement sebagai penghasil semen yang berkualitas. Hingga produksi semen yang dihasilkannya dapat di ekspor diluar kota pulau hingga luar negeri. Jadi ,produk yang berkualitas hanya dapar diperoleh darim orang-orang yang berkualitas ,sehingga dapat menciptakan lapangan kerja serta dunia kerja yang menjamin kesejahteraan kehidupan masyarakat.









                                                                                                            13
b)    Kesan dan Pengalaman
Suatu pengalaman yang berharga , karna penulis baru saja ikut suatu kegiatan kunjungan Industri tersebut. Hal ini adalah kegiatan yang sangat berpendidikan karna siswa-siswi dapat langsung melihat bagaimana cara kerja PT. Indocement dilapangan kerja dan mengenali semua yang terdapat di perusahaan tersebut. Dari apa yang disampaikan dan dipresentasekan oleh pihak manajemen PT. Indocement. Sehingga dapat menambah wawasan mengenai dunia Industri semen.
Selain itu juga siswa-siswi juga lebih mengenali Proses pembuatan semen ,dari bahan dasarnya hingga pengemasanya. Tidak hanya proses produksi tetapi juga sistem komputerisasi dan teknologi yang digunakan dalam perusahaan PT. Indocement tersebut, karena hal itu sangat identik terhadap pelajaran atau jurusan di sekolah SMK Al-Hidayah khususnya di bidang Teknologi dan Informatika ( TI ).
Kegiatan ini sangat berdampak positif bagi para siswa-siswi dengan tujuan agar siswa-siswi dapat mengaplikasikannya dimasa depan mereka dan mengetahui dunia kerja dan melatih keahlian (skill) untuk menjadi pegangan di waktu mendatang, karna manusia yang berkualitaslah yang nantinya akan berhasil.



                                                                                          14
c)     Saran
PT. Indocement adalah perusahaan yang patut dijadikan sebagai contoh untuk memotivasi para generasi penerus untuk dapat mengenal dan berani untuk bersaing di dunia kerja.
Maka dari itu ,pada kesempatan itu penulis mengharapkan agar dapat bekerjasama dengan baik antara pihak sekolah dengan Perusahaan PT. Indocement. Sehingga para siswa-siswi agar lebih dapat menguasai dunia kerja. Dan mengizinkan siswa-siswi SMK untuk dapat melaksanakan pemagangan ataupun melamar pekerjaan.
Kemudian PT. Indocement juga bisa mengadakan kegiatan pembelajaran mengenai proses pembuatan semen serta dapat berbagi pengetahuan tentang sistem komputerisasi dalam sebuah perusahaan.









                                                                                                                        15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar